Tips Tingkatkan Keamanan Smartphone Android

Tips Tingkatkan Keamanan Smartphone Android

Tips Tingkatkan Keamanan Smartphone Android

Smartphone Android sangat rentan terhadap serangan virus berbahaya atau malware yang berasal dari toko aplikasi atau jaringan Internet. Apalagi, kesadaran keamanan pengguna yang masih rendah untuk meningkatkan sistem keamanan smartphone Androidnya.

Google pun memberikan lima tips agar smartphone Android Anda aman. Pertama, lock screen. Anda bisa menggunakan lock screen karena tidak setiap orang bisa membuka smartphone Anda. Anda bisa menggunakan password atau pattern dan sensor sidik jari yang lebih aman.

Kedua, Gunakan backup data. Sebaiknya Anda melakukan backup data secara rutin sehingga ketika Anda tidak perlu khawatir kehilangan data ketika update sistem operasi, ganti ROM atau terkena serangan malware.

Ketiga, Anda harus mengunduh aplikasi dari Google Play Store karena Google sudah menyaring aplikasi yang ada di sana dengan Google Play Protect. “Jika mengunduh di luar Play Store, kemungkinan sepuluh kali lebih rentan,” kata Adrian Ludwig (Director Android Security Google) ketika melakukan video conference call di kantor Google Indonesia, Selasa.

Keempat, Anda harus menginstal Google Play Protect dan mengaktifkan Find My Device. Google Play Protect akan menjaga sistem Android dari beragam aplikasi yang mengancam keamanan.

Sedangkan, Find My Device dapat melacak posisi ponsel ketika hilang atau tersembunyi. Lewat fitur ini juga kita dapat mengunci smartphone agar tidak diakses orang lain.

Bahkan, Anda dapat menghapus data dalam smartphone ketika hilang melalui fitur Find My Device.

Terakhir, Anda bisa mengaktifkan two-factor authentication untuk layanan Google. Google akan menginformasikan ke smartphone atau email Anda, apabila ada yang menerobos sistem keamanan perangkat.

sumber : https://infokomputer.grid.id

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *